3.10 MEMAHAMI MEKANISME PENGOLAHAN DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

Berbagai fitur-fitur Flash dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fitur-fitur baru lebih menitikeratkan pada proses pembuatan desain yang dibuat secara cepat, bukan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi Flash tersedia sebuah alat untuk men-debug seript sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi web secara cepat dengan pembuatan script tingkat lanjut. Salah satunya dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Pada dasarnya Actionscript identik dengan bahasa pemrograman yang dibangun dari berbagai jenis class yang telah dibuat oleh developer Flash dengan tujuan agar seorang Progammer mampu menggunakan class-clas tersebut dengan penempatan seript-script yang mudah diingat. Actionscript 3.0 (AS3) identik dengan bahasa pemograman yang muncul pasca releasenya Macromedia Flash versi ke 9 yang pada saat itu diakusisi oleh Adobe sehingga berganti nama menjadi Adobe Flash CS3.

1. Bekerja dengan Text

Text Field menjadi salah satu faktor penting menggunakan bahasa pemrograman termasuk di dalamnya Adobe Flash, misalnya dimanfaatkan menjadi teks untuk input, teks untuk tampilan, dan teks untuk keluaran. Agar memudahkan dalam mengingat dapat menggunakan huruf kecil semua dan jika perlu menggunakan nama kolom yang mirip, misalnya penamaan variabel menggunakan datamasuk1 dan datamasuk2. Faktor penting yang harus diperhatikan dalam penulisan Text Field terletak pada penamaan variabel input dan dynamic text, di mana dalam penamaan tersebut tidak boleh menggunakan spasi atau karakter lain. Hal yang perlu dipahami adalah Action Script termasuk jenis bahasa pemrograman yang bersifat case sensitive, di mana penulisan huruf kapital (huruf besar) dan huruf kecil dianggap berbeda. Kesalahan dalam penulisan huruf kapital atau huruf kecil akan berakibat error pada aplikasi pada saat dijalankan.


a. Static Text

Static Text termasuk jenis yang tidak dapat diubah isinya secara script (dikenal dengan sebutan teks diam). Static Text digunakan pada saat membuat maupun saat program berjalan.

b. Dynamic Text

Dynamic Text identik dengan jenis teks yang isinya dapat diubah atau output dari pengolahan variabel dalam action script. Misalnya membuat input nama di Flash menggunakan form input dengan memasukkan nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, serta dan lain sebagainya.

c. Input Text

Tipe yang terakhir ini adalah tipe teks yang berfungsi sebagai tempat masukan kata-kata, bilangan atau apa pun melalui keyboard pada saat aplikasi flash yang telah dibuat menampilkan input text pada stage menggunakan Adobe Flash adalah sebagai berikut. dijalankan. Langkah-langkah menampilkan input text pada stage menggunakan Adobe Flash adalah sebagai berikut.

  • Diawali dengan mengaktifkan aplikasi Adobe Flash, dilanjutkan dengan klik Create new. Selanjutnya pilih Text tools (lambang huruf A).
  • Lakukan klik dan drag pada stage di mana menginginkan tulisan tersebut muncul.
  • Bila Panel Properties tidak muncul pada jendela aplikasi, pilih Window -> Properties dan pilih Input text, sehingga muncul menu drop down. Pada saat memilih dynamic text maka akan muncul sebuah kolom baru di atasnya, kolom instance name.
  • Tuliskan sebuah nama pada kolom bertuliskan instance name sebagai variabel untuk teks tersebut. Misalnya diisi dengan "NilaiBil"
  • Atur karakter huruf, jenis huruf, ukuran, warna dan lain-lain pada option character.
  • Pada pilihan Paragraph, atur format align-nya, spasi, margin dan orientasi. Teks masukan sudah selesai dikerjakan.
  • Untuk menjalankan movie clip dilakukan dengan menekan tombol kombinasi CTRL + Enter. Jika user memasukkan nama pada form input dan diakhiri dengan menekan button, maka nama yang baru saja dimasukkan akan ditampilkan pada layar.

2. Pengolahan Database dengan Frame


Adobe Flash CS6 bukan hanya digunakan dalam membuat animasi kartun, animasi web, dan CD tutorial tetapi juga dapat menciptakan sebuah game komputer dan game mobile, yang salah satunya memanfaatkan fitur Actionscript 3. Aplikasi AS3 sendiri telah disatukan (bundle) pada produk milik Adobe, seperti Adobe Flash Builder dan Adobe Flex. Action script dapat pemberian perintah terhadap animasi yang dibuat. Misalnya pada tombol play, stop dan sebuah objek kotak. Jika menekan tombol play maka kotak bergerak dari kiri ke kanan, jika kita klik tombol stop maka kotak akan berhenti. Semua hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan perintah kepada tombol serta kotaknya sehingga mengikuti apa yang ditulis di script. Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, Action Script berisi berbagai jenis elemen dan struktur yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, seorang programmer harus merangkainya dengan benar agar Action Script dapat berjalan sesuai kebutuhan. Action Script (AS3) juga dapat diterapkan pada pembuatan tombol, frame, movie clip, dan lain-lain. Misalnya pada action frame yang diterapkan pada frame dengan tujuan mengontrol navigasi movie, frame, atau objek lain-lain.
Langkah-langkah dalam menampilkan data dari database (Xampp) ke Flash adalah sebagai berikut. 

a. Menyiapkan database dengan nama kary terdiri dari id kary, nama kary, dan gaji kary.
b. Kemudian membuat file nm tampil.php dan disimpan di folder htdocs dengan cara mengaktifkan Notepad dan ketikkan script sebagai berikut.


c. Langkah selanjutnya adalah membuat tampilan input menggunakan Adobe Flash dengan bahasa pemrograman Actionscript 3 (AS3).


3. Pengolahan Data dengan Form


Flash bukan hanya sebagai program pembuat animasi, tetapi dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis program, sehingga bisa dikatakan Flash sebagai program multi platform yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya pembuatan game, animasi, form registrasi, gambar jpeg, laman html, dan lainnya. Wujud paling konret dapat dilihat software development pada industri game yang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga developer game menekuni pembuatan game untuk keperluan komersil maupun non-komersil. Hasilnya adalah banyak dijumpai berbagai jenis perangkat lunak (software) yang bisa digunakan dalam pengembangan PC game maupun mobile game. Salah satunya adalah pembuatan game dengan menggunakan Adobe Flash. Beberapa metode pengiriman data dari Flash (sebagai client) ke PHP (sebagai server side script di antaranya PHP, JSP, ASP, dan lain-lain) untuk berkomunikasi dengan mysql adalah sebagai berikut.


Dalam hal ini menggunakan loadVariablesNum dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan Adobe Flash, server lokal, text editor, dan browser yang support dengan plugin Flash Player. Selanjutnya mengaktifkan program Flash dengan menggunakan AS3 dan membuat lembar kerja baru dengan dimensi lembar halamannya 550px x 400px.
  • Form didesain terlebih dahulu menggunakan dua fungsi Text Tool yaitu Static Text dan Input Text. Klik Text Tool dan ubah properties menjadi Static Text. Selanjutnya ketikkan : NIM. Dengan cara yang sama, masukkan teks NAMA, ALAMAT, dan TELP. Perhatikan gambar berikut.
  • Setelah itu, masukkan Text Tool dan mengubah properties menjadi Dinamic Text. Posisi Autokern dalam posisi OFF (tidak diconteng) dan memberi keterangan pada kolom var. Klik pada border jika ingin ditampilkan.
  • Setelah itu dilanjutkan dengan mendesain form input menggunakan label (static text), bagian masukan menggunakan Input Text, dan memberi nama pada kolom var, serta mematikan autokern.
  • Setelah itu masukkan tombol menggunakan perintah windows > component library > buttons → lalu memilih jenis button yang diinginkan.
  • Selanjutnya melakukan drag tombol "INPUT" ke dalam kanvas (lembar kerja) sehingga tampilan Form Inputnya akan tampak sebagai berikut.
  • Jika ingin memunculkan pesan apakah tersimpan atau tidak, dapat ditambahkan lagi menggunakan Text Tool dengan tipe text : Dinamic Text. Perhatikan gambar berikut.
  • Selanjutnya melakukan pengaturan Dinamic Text sebagai berikut.
  • Selanjutnya membuat database dan table pada phpmyadmin. Pada web browser ketik http://localhost/phpmyadmin. Setelah itu muncul user login diisi dengan : root dan pass:123456. Perhatikan gambar berikut.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat file php yang disimpan dengan nama file : dt_insert.php dan disimpan pada lokasi server. Jika tidak disetting, sebaiknya file tersebut disimpan pada local disk C:appser\www\. Setelah itu, masukkan script php sebagai berikut.
  • Setelah disimpan pada lokasi yang ditentukan, pada tombol yang didesain pada Flash tersebut menekan tombol F9 atau klik kanan tombol lalu pilih Action, sehingga muncul Action Button sebagai berikut.
  • lalu masukan kode ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.3 Menerapkan Prinsip-Prinsip Desain User Interface Pada Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif

3.6 Memahami Style pada Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif

3.11 MEMAHAMI PUBLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF